Ahmad Dailami

berbagai pengalaman seorang penulis blog

Saturday, April 14, 2018

Kenapa tidurnya orang puasa ibadah?



Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bilik Ramadhan – Pembaca, bertemu kembali di blog saya yang mudah-mudahan ada manfaatnya.

Karena ini edisi ramadhan, saya akan membagikan hal yang berkaitan dengan ramadhan. Pasti sebagian dari pembaca sering denger hadist yang menerangkan bahwa "tidurnya orang puasa itu ibadah, diamnya seperti bertasbih dan jika dia berdoa, maka doanya akan di kabulkan".

Kebanyakan yang belum paham maksudnya mungkin banyak yang puasanya tidur mulu karna menganggap tidur itu ibadah. Nah Disini saya akan meluruskan agar para pembaca lebih memahami tentang hadist ini agar tidak salah pelaksanaannya.

Kenapa tidurnya orang puasa itu ibadah?

1. Jika dia tidur, dia bisa menghindari dosa-dosa kecil.

Jika dia tidak tidur maka berpotensi melakukan dosa-dosa kecil seperti gibah yang dapat mengurangi pahala puasa. Sehingga lebih baik jika ia tidur.

2. Ketika tidur, diniatkan agar dapat bangun di malam hari untuk beribadah.

Sungguh itu ibadah, Ketika kita tidur di siang hari, kita meniatkan dengan tujuan agar dapat bangun di tengah malam untuk melaksanakan ibadah atau minimal agar tidak mengantuk saat sholat tarawih.


Kenapa diamnya seperti bertasbih?

Memang diamnya seperti bertasbih. Namun bila diamnya di barengi dengan mengucapkan  kalimat tasbih itu lebih baik dan mendapat pahala dari Allah SWT.

Dan itulah penjelasan singkat yang dapat saya sampaikan. Jadi jangan jadi alasan kalau puasa kalian tidur mulu ya. Terlalu banyak tidur juga makruh puasanya, dan tidak akan mendapatkan pahala puasa. Di bulan ramadhan ini kita di haruskan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Maka lebih baik kalian melakukan ibadah lain seperti membaca Al-Quran, karna di bulan ramadhan pahala kita di lipat gandakan oleh Allah SWT.




Trmksh

No comments:

Post a Comment